Selasa, 06 Mei 2014

analisis surat Al- fatihah ayat 6

Analisis surat al-fatihah ayat 6
Oleh   : Agus Setiawan
Npm   :116210236



هْدِنَا الصِّرَاطَ الْمُسْتَقِيمَ
Artinya:
“Tunjukilah kami jalan yang lurus” (QS.1:6)


Kata-kata Tunjukilah kami jalan yang lurus merupakan doa, kata lurus diatas seharusnya adalah sebagai penekananan bahwa sesuatu yang baik itu adalah jalan yang lurus,bahwa sesuatu yang benar itu adalah jalan yang lurus. Namun jika kata diatas di ganti dengan “Tunjukilah kami jalan yang benar” maka kata benar akan memberikan penekanan makna yang lain, karena kata benar adalah mengkhususkan pada perbuatan secara khusus, sedangkan kata lurus adalah menekankan pada sesuatau yang benar, karena hal-hal yang sudah lurus tentunya akan benar .

Namun ha-hal yang sudah benar dalam sebuah perbuatan maka belum tentu lurus dalam sebuah perjalanan. Makna dari ayat 6 al-fatihah di atas akan mudah di pahami ketika kata lurus tersebut telah mewakili sebuah makna dari kata benar.namun jika kalimat diatas “ tunjukilah kami jalan yang benar” mungkin secara umum akan sama makna, namun kata benar disini tidak secara khusus tidak bisa mewakili kata lurus.


Maka dapat disimpulkan bahwa kata lurus secaraumum memiliki kepadanan makna dengan kata benar, namun jika dikhususkan kata lurus tersebut telah mewakili makna dari kata benar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar